The Quarter Life Crisis

from tumblr.com



Apasih pertanyaan terbesar yang kamu tanyakan ke diri kamu sendiri? diusia berapa sih kamu mulai mempertanyakan tentang hidup kamu? Keputusan terbesar apa yang pernah kamu buat? Memasuki usia 20-30an merupakan sebuah penanda fase hidup yang selanjutnya dan dimana keputusan besar serta keputus-asa-an saling bertegur sapa, young adulthood is more challenging than ever, especially when making a choices.

Pada fase life crisis ini, akan ada banyak pertanyaan yang mampu mengganggu jam tidur serta selera makan, seperti; what am i looking for in my life? what am i looking for in my job? why am i doing this? what is the best thing for my life? what am i supposed to do? why do i need to proof it? am i doing what i love? am i happy with where i am? is there more i can do? do i feel satisfied? 

Selain pertanyaan-pertanyaan besar tadi, “merasa tertinggal” juga mampu menjadi momok yang kejam bak bawang merah. Merasa tertinggal dari teman seangkatan yang sudah menikah, merasa tertinggal dari teman yang sudah memiliki double digit salary, merasa tertinggal dari teman yang sudah mendapatkan gelar master, dan tertinggal-tertinggal lainnya. Dan tentu saja sebuah perubahan, seperti yang dikutip dari Frank Natale "change is superficial. Transformation is deep, it alters our perception of reality and therefore causes everything in our life to shift. We live our life rather than analyze it".

Setiap orang memiliki barometer kesuksesan dan kestabilan hidup yang berbeda-beda. So, how to make life better for your future? First, Self-Growth, many people want to achieve more in their lives, dan salah satu kuncingnya adalah self growth. Ingat, kehidupan tidak akan berubah menjadi lebih baik, jika tidak dimulai dari diri sendiri.

Selanjutnya, set your goals! i think it would really help if you found out what it is you want from your life. Apasih yang ingin kamu capai dalam hidupmu? Apasih tujuan terbesar dalam hidupmu? Sukses? Sukses itu apasih menurut definisimu? Jika kita tidak memiliki tujuan dalam melakukan sesuatu dihidup ini, maka kita akan tiba di tempat yang tidak kita inginkan.

Don’t stop learning, mungkin saja orang-orang yang membuatmu merasa tertinggal itu tidak pernah berhenti belajar. Great things happen to those who don't stop learning. Semakin banyak pembelajaran yang kamu dapat, semakin terbuka lebar pula jalan untuk keluar dari life-crisis.

So, please keep looking not for a person, but for your passion, your love, your courage, your goals, your dreams, your happiness, yourself! keep looking, explore yourself before your explore another. know your worth, know yourself. Only then will you know what you need over what you want. You need yourself to become your own.

Jadi, apakah kamu salah satu orang yang sedang ada di-fase ini? Atau sudah berhasil melewati life crisis? 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

About

Apa Kontribusi Terbaik Dalam Hidupmu?